Pages

Subscribe:

Selasa, 28 Agustus 2012

Definisi/Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli


Para ahli sejarah memberikan definisi sejarah yang bermacam-macam, walaupun akhirnya hampir sama. Berikut beberapa definisi sejarah menurut para ahli. 

1. Herodotus : Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.

2. Ibnu Khaldun : Dalam bukunya yang berjudul “Mukadimah”, Ibnu Khldun mendefisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat.

3. W.J.S. Poerwadarminta : Dalam bukunya berjudul ” Kamus Umum Bahasa Indonesia”. Poerwadarminta mengutarakan 3 pengertian. Yaitu:
Sejarah adalah kesustraan lama, silsilah, dan asal-usul.
Sejarah adalah kejadian dan perisiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
Sejarah adalah ilmu pengetahuan tentang masa lampau.

4. Moh. Ali : Dalam bukunya ‘ Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia”, Moh. ali menegaskan bahwa kata sejarah mengandung arti sebagai berikut:
- Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa dalam kenyataan disekitar kita.

- Cerita tentang perubahan, kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas.
- Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan, kejadian, peristiwa yang merupakan realitas.


5. Taufik Abdullah : Menurutnya sejarah adalah kejadian masa lampau dan cerita tentang kejadian itu.

6. Sartono Kartodirdjo : Gambaran perkembangan dan kehidupan kebudayaan manusia.

7. Kuntowijoyo : Sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris. Bersift diakronis karena berhubungan dengan waktu. Sejarah bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan, menceritakan sesuatu. Bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal unik. Selain itu juga bersifat empiris artinya sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh.

Dari berbagai pengertian itu dapat di simpulkan kalau sejarah itu ilmu yang mempelajari tentang peristiwa masa lampau yang disebabkan oleh aktivitas manusia yang berakibat terjadinya perubahan pada peradaban umat manusia.

0 komentar:

Posting Komentar